clik disini

My Blog List

clik here

Friday 22 July 2011

Misteri Pancutan Bola Api Naga Sungai Mekong

Sedang aku melayari bahtera internet, tiba-tiba aku terjumpa dengan artikel kejadian pelik di mana pada setiap bulan Oktober, bola api akan terpancut dengan sendirinya dari dasar Sungai Mekong. Pelik gak kan? Tiap-tiap tahun pulak tu kejadian ni terjadi. Maka pelbagai la andaian dibuat tentang fenomena aneh ini, dari segi tahyul, mistik, dan juga sains. Tapi apa-apa pun, bagi aku, Allah itu paling berkuasa dan Allah lah pentadbir alam ini. Tak guna lah kita untuk berdebat siapa yang betul dan siapa yang salah tentang isu ini. Yang penting kita tanya diri kita, adakah kejadian bola api ini boleh menambahkan iman kita? Aku tak nampak pun manfaatnya kepada iman aku. Tapi untuk suka-suka dan santai boleh la tapi ada batasnya. Untuk ketahui lebih lanjut, pi baca artikel Indonesia di bawah ini…
Setiap tahun, penduduk Thailand berkumpul di sepanjang sungai Mekong di provinsi Nong Khai untuk menyaksikan sebuah fenomena misteri berupa naiknya bola-bola cahaya misteri dari permukaan sungai. Para penduduk lokal menyebutnya Bung fai paya nak atau bola-bola api naga. Pada malam hari setiap awal bulan Oktober, para penduduk dan turis berdiri berjejer di pinggir sungai Mekong di propinsi Nong Khai. Mereka sedang menunggu fenomena yang disebut bola api naga.
misteri mekong 1Bola api Sungai Mekong yang dilihat dalam satu kejadian
Tidak berapa lama kemudian, dari permukaan sungai, puluhan bola-bola cahaya berwarna merah jambu menyembur dengan indah seperti sebuah orkestra yang dipimpin oleh seorang konduktor. Semua mulai bersorak kegirangan dan bertepuk tangan dengan keras. Bola-bola cahaya tersebut menggantung di udara selama beberapa saat sebelum kemudian lenyap dalam kegelapan malam. Beberapa menit kemudian, peristiwa serupa kembali terjadi. Bola-bola api lainnya kembali terbang dari permukaan sungai yang kembali diiringi dengan teriakan sukacita.
misteri mekong 2Pancutan api misteri di Sungai Mekong
Fenomena luar biasa ini hanya muncul 1-3 hari dalam setahun tepat di akhir masa retret umat Budha Thailand yang biasanya jatuh di bulan Oktober. Bola api itu muncul begitu saja tanpa suara dan asap. Terkadang warnanya merah, merah jambu atau putih dan bisa menyembur hingga setinggi 100 meter dari permukaan sungai. Biasanya ukurannya hanya sebesar telur ayam, bergantung di udara selama beberapa menit sebelum akhirnya lenyap. Umumnya bola api ini hanya dapat terlihat pada malam hari.

Popular Posts

clik here